Diberdayakan oleh Blogger.
 

Rabu, 30 Mei 2012

Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Sumatera Selatan


      

      Sumatera Selatan Atau Palembang Adalah Salah satu Kota tertua dan Kota Terbersih di Indonesia. Palembang juga merupakan salah satu tempat tujuan para wisatawan asing maupun lokal. Terdapat banyak sekali sumber daya Di sumatera selatan ini diantaranya sumber daya alam dan Sumber daya Manusia. Semua itu saling berhubungan dan saling membutuhkan sama lainnya. Sumber daya alam di jaga dan di rawat agar sumber daya manusia bisa memanfaatkan sumber daya alam tersebut.
          Sumatera Selatan memiliki banyak sumber daya alam,salah satu misi dari Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu memanfaatkan potensi sumber daya sumatera selatan sebagai salah satu andalan yang siap bersaing di dunia internasional yang bertujuan untuk menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara yang wajib di kunjungi oleh wisatawan asing. Selain itu juga, Sumber daya Manusia di palembang tidak kalah kreatif dengan Sumber Daya Manusia di kota lainnya di indonesia. Sumber Daya Alam di Sumatera Selatan telah dapat merubah dan menjadikan Sumber daya alam yang tersedia menjadi kerajinan yang telah dikomsumsi oleh nasional maupun Internasional.
         Provinsi Sumatera Selatan Yang dikelilingi Oleh Sungai dan berbukitan membuat Provinsi ini kaya akan Sumber Daya Alam. Sumber Daya Alam yang ada di sumatera selatan salah satunya adalah Enceng Gondok. Eceng Gondok adalah salah satu jenis Tumbuhan air mengapung. Enceng Gondok yang sebagian besar dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu bisa juga dimanfaatkan dan dibuat sebagai salah satu kerajinan yang bermotif Sumatera Selatan. Kerajinan tersebut berbentuk Tas,Spatu,Sandal,Pernak-pernik dll. Semua itu dibuat dengan bahan dasar Enceng Gondok yang tersebar di sungai-sungai di Sumatera Selatan.
        Di Palembang Khususnya, Terdapat beberapa pengerajin enceng gondok. Salah satunya yaitu terdapat di daerah Plaju. Usaha Kerajinan ini didirikan oleh Bapak Wiryo Suparjo yang beralamatkan jalan Jama-jama Kecamatan Bagus Kuning Plaju. Pembelian dan pemesanan kerajinan tersebut, sudah ada di seluruh kota indonesia. Ini membuktikan bahwa kerajinan yang bermotif dan berasal dari palembang bisa diterima dimana saja. 
       Sumber daya Alam dan Sumber daya Manusia yang cerdas akan memajukan Provinsi ini dan menjadikan Provinsi ini sebagai Provinsi yang sangat berguna bagi seluruh rakyat indonesia.



        

         




          

3 komentar:

  1. info potensi SDA Sumsel yang mantap bro,...tapi kita, Manusia, memang dituding malaikat Jibril, sebagai makhluk perusak dan menumpahkan darah dibumi ini walau tudingan itu dibantah oleh Tuhan Semesta Alam. Ini mengindikasikan bahwa Sumber Daya Manusia dalam Mengelola Potensi Sumber Daya Sumatera Selatan (baik SDA maupun SDM) akan melakukan kerusakan dan yang paling fatal adalah menumpahkan 'darah' sesama Sumber Daya Manusia dalam mengelola Potensi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan ini karena rendahnya kualitas SDM kita, jadi mari kita tingkatkan kualitas kita dari diri kita sendiri, keluarga, dan masyarakat Sumatera Selatan. Mari Cinta Sumatera Selatan, Provinsi Digital.
    Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Sumatera Selatan

    BalasHapus
  2. betul mass deny suhardi..
    mantabsss

    makasih coment nya ..

    BalasHapus

BLog Design Competition

Sponsored By

Sponsored By
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Relawan TIK Sumsel

Dishubkominfo Sumsel
 
Copyright © 2012 Palembangdigital.blogspot.com

Makasih Udah Mampir, Semoga Bermanfaat