Diberdayakan oleh Blogger.
 

Kamis, 31 Mei 2012

Sumber Daya Alam Sumatera Selatan






     Sumber daya alam khususnya potensi energi primer yang terdapat di wilayah Sumatera Selatan merupakan daya tarik kuat bagi masuknya penanaman modal untuk meningkatkan perekonomian daerah. Hal ini didukung oleh letak Provinsi Sumatera Selatan diantara Pulau Jawa dan Singapura/Malaysia yang secara ekonomi sangat strategis. Salah satu sumber daya alam itu adalah Batu Barra. salah satu bahan bakar fosil.
      Pengertian umumnya adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur-unsur utamanya terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen. Cadangan batubara di Sumatera Selatan 18,13 milyar ton. Lokasi batubara terdapat di kabupaten Muara Enim, Lahat, Musi Banyuasin dan Musi Rawas. Mutu cadangan batubara pada umumnya berjenis lignit dengan kandungan kalori antara 4800-5400 Kcal/kg.
    Cadangan batubara tersebut baru dikelola PT Bukit Asam dam dan PT Bukit Kendi pada lokasi Kabupaten Muara Enim. ;Sedangkan cadangan sebanyak 13,07 Milyar Ton belum dikelola sama sekali.

3 komentar:

  1. kalau boleh pilih dalam memanfaatkan potensi sumber daya Sumatera Selatan, saya lebih memilih memanfaatkan potensi SDM Sumsel yang 7.450.394 jiwa daripada asal-asalan memanfaatkan sumber daya lainnya (terutama SDA tidak terbarukan,.. http://www.denys.web.id/2012/06/bijakkah-kita-mengelola-sumber-daya.html

    BalasHapus
  2. mantep bro blognyo, walau masih mudo blognyo sudah profesional....happy blogging

    BalasHapus
  3. @pak deny, ia pak :D

    @pak M.Chandra Panjinata, ia pak blog ini dibuat khusus untuk Lomba, hehe, makasih banyak masukkannya pak ..

    BalasHapus

BLog Design Competition

Sponsored By

Sponsored By
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Relawan TIK Sumsel

Dishubkominfo Sumsel
 
Copyright © 2012 Palembangdigital.blogspot.com

Makasih Udah Mampir, Semoga Bermanfaat